Susu Kedelai : Dapat Duit Dari Dapur (Modal Rp. 60.000 - Rp.100.000)





Sebenarnya, apapun dapat kita manfaatkan. (ideonair)






Salah satu peluang usaha yang mudah pemrosesannya adalah membuat susu kedelai. Sudah lama kita mengetahui bahwa kandungan susu kedelai tidak kalah dengan bahkan katanya sebanding susu sapi.





Hal yang membuat kita tidak suka mungkin adalah bau "langu" khas dari susu kedelai. Padahal dengan menambahkan zat tertentu kita dapat membuatnya menjadi tidak lagi berbau langu sehingga susu kedelai yang kita buat jauh lebih enak. Buat Anda, tidak ada salahnya kita mencoba membuat susu kedelai ini, bisa dikonsumsi sendiri atau menjadi usaha yang sangat menguntungkan.


Tips untuk memproses susu kedelai yang baik (hasilnya putih susu, tidak langu, tidak bau tanah, dan berasa kapur) :


1. Pilihlah kedelai impor karena bijinya lebih besar dan warnanya lebih cerah, bila direndam lebih cepat empuk dan perasannya lebih kental.
2. Lebih baik menyaring dengan kain(kain saring/kain blacu), jangan menggunakan saringan biasa.
3. Gunakan air minum kemasan, atau air isi ulang galon yang terpercaya. Ketidakseimbangan PH dipercaya dapat menyebabkan penggumpalan seperti tahu.
4. Cuci segera saringan dan jangan sampai ada sisa kedelai yang tertinggal. Sisa kedelai yang teritinggal dapat menyebabkan rasa yang kurang enak.






Berikut ini, adalah beberapa pemrosesan susu kedelai anti langu yang layak dipercaya karena bersumber dari :
Buku Panduan Teknologi Pangan, Pusat Informasi Wanita dalam Pembangunan PDII-LIPI bekerjasama dengan Swiss Development Cooperation, 1993.




BAHAN

  1. Kedelai10 Kg
  2. Kacang tanah300 gram
  3. Kecambah jagung300 gram
  4. Wijen50 - 75 gram
  5. Gula pasir200-250 gram
  6. Garam10 gram (2 sdt)
  7. Kapur sirih5 g (10 sendok air garam)
  8. Soda kue20 g (4 sdt utk 1 ltr air)
  9. Natrium benzoat4-5 mg (seujung sendok)
  10. Essence panili, coklat, mocca, pandan, kayumanissecukupnya
  11. Air dingin3 liter
  12. Air panas8 liter
ALAT

  1. Panci
  2. Sendok kayu besar
  3. Kain Saring
  4. Corong
  5. Dandang
  6. Kompor
  7. Botol dan tutup yang sudah disterilkan
  8. Gabus dan lilin
  9. Ember plastik
  10. Penggiling batu
CARA PEMBUATAN

  1. Letakkan biji jagung pada kain basah selama 2~3 hari untuk mendapatkan kecambah jagung;
  2. Bersihkan kedelai dari segala kotoran, kemudian cuci;
  3. Rendam dalam air dingin yang telah diberi soda kue selama 8~24 jam, lalu cuci;
  4. Rebus selama 30 menit pada suhu 70 C (ditandai dengan adanya gelembung-gelembung kecil);
  5. Cuci kecambah jagung lalu ditiriskan;
  6. Kupas kulit ari kacang tanah, lalu goreng sangrai (tanpa minyak) bersama-sama wijen sampai terdengar bunyi tik-tik (jangan sampai hangus)
  7. Campur kedelai, kecambah jagung, kacang tanah, dan wijen, kemudian giling. Tambahkan air panas sedikit demi sedikit selama penggilingan hingga menjadi bubur;
  8. Tambahkan kapur sirih pada bubur kedelai kemudian panaskan sampai mendidih selama 15 ~ 20 menit. Saring pada waktu masih panas untuk mendapatkan susu kedelai;
  9. Masak susu pada suhu 90 C dan pertahankan tetap pada suhu tersebut (tidak sampai mendidih). Ini dapat dilakukan dengan mengatur api kompor, juga dengan menambahkan gula, garam, panili, dan natrium benzoat. Hentikan apabila bau langau kedelai hilang dan bau essence timbul;
  10. Masukkan susu ke dalam botol pada saat cairan masih panas dan segera tutup. Sambil menunggu pengisian semua botol selesai, letakkan botol yang telah terisi dalam posisi terbalik (tutup terletak pada bagian bawah). Maksudnya adalah untuk mematikan bakteri yang mungkin masih terikut dalam tutup botol, meskipun sebelumnya tutup harus dicuci bersih dulu;
  11. Selanjutnyya pasteurisasi selama 15 menit.
Catatan:

Kacang tanah dan kecambah jagung berfungsi sebagai pelembut susu sehingga enak diminum. Sedangkan wijen dapat menghilangkan bau langau dari susu kedelai.



5 komentar:

yuni.fyi mengatakan...

tertarik ama gambar sapi na nehh..hu3..

Bapaknya Izza mengatakan...

itu baru sapinya mbak, lom nyang buat...
bisa diare akut 3 minggu

Aminuddin mengatakan...

izin copy ya...

Pelatihan dan Konsultasi Usaha Susu Kedelai mengatakan...

Bismillah. Ikutilah pelatihan dan konsultasi usaha susu kedelai bersama kami. Alhamdulillah sudah berpengalaman selama 7 tahun. Alhamdulillah Omzet sudah mencapai sekitar satu juta sehari.

Linda Mark mengatakan...

Halo, Apakah Anda mencari pinjaman atau investor untuk proyek Anda, pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi, pinjaman tanpa jaminan, modal ventura, dll ... atau ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda! Saya linda menandai pemberi pinjaman (investor) Swasta, saya memberikan pinjaman atau investasi untuk bisnis dan individu mulai dari € 5.000 sampai € 20 juta untuk siapa saja yang serius dalam tingkat bunga rendah dari 2%. Tujuan setahun tergantung pada jumlah yang dibayar karena saya tidak terlalu ingin melanggar hukum riba. Anda dapat membayar lebih dari 3-25 tahun maksimum tergantung pada jumlah yang dipinjam. Anda dapat juga menjadi anggota dari perusahaan ini. terserah kepada Anda untuk pembayaran bulanan. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi saya melalui surat:
lindamarkloancompany@gmail.com

Posting Komentar