Beternak Lele (Modal Rp. 300.000 - Rp. 500.000)



Berternaklah dengan Cinta, maka engkau akan dapat balasannya. (ideonair)



ikan lele mempunyai beberapa nama daerah, antara lain: ikan kalang (Padang), ikan maut (Gayo, Aceh), ikan pintet (Kalimantan Selatan), ikan keling (Makasar), ikan cepi (Bugis), ikan lele atau lindi (Jawa Tengah). Sedang di negara lain dikenal dengan nama mali (Afrika), plamond (Thailand), ikan keli (Malaysia), gura magura (Srilangka), ca tre trang (Jepang). Dalam bahasa Inggris disebut pula catfish, siluroid, mudfish dan walking catfish. Hewan yang di Amerika Serikat disebut Cat Fish ini benar-benar berpotensi memuaskan hobi memelihara binatang dan mendatangkan pemasukan tambahan bagi Anda.




2. Modal yang dibutuhkan juga kecil koq, 300-500 ribuan.
3. Syaratnya punya tanah/lahan yang kosong agak cukup luas, minimal 3 x 6 meter.
Ayo, coba ukur tanah samping/depan/belakang rumah anda atau bisa menyewa
tempat?

buat 1 kolam ukuran kecil 2m x 3m, gali tanah sedalam 30 cm, tanah galian lalu urug-kan saja ke sekitar pinggir calon kolam. Terus beli terpal plastik yang banyak dijual di toko, seharga 50 ribuan (yang lebih mahal juga ada), tapi ini kualitasnya sudah cukup bagus. Pasang terpal plastik ke lubang kolam yang telah digali, kedalaman tanah 30 cm, tinggi permukaan tanah (dengan tanah urug sebelumnya) naik kan jadi 20-30 cm lebih tinggi dari tanah sekitarnya. Sebagian di atas kolam dibuat atap pelindung, juga bagus. Sebagian terkena cahaya langsung matahari.
info: Kalau air terlalu dangkal ukuran lele menjadi terlalu pendek karena ikan kurang bergerak.

Jadilah kolam kita yang berbiaya murah. hemat biaya pasir dan semen, serta ongkos tukang bukan?

Isi kolam dengan air bebas pencemaran bisa berasal dari air sungai, sumur, PAM yg sudah diendapkan. kolam sebaiknya diberi pupuk kandang,urea,tsp dan didiamkan minimal 1 minggu agar terbentuk pakan alami berupa plankton, kolam harus dlm kondisi air tdk jalan krn lele rentan terhadap perubahan air yg terus menerus dan lele akan selalu meloncat kearah sumber air mengalir. kedalaman kolam sebaiknya 120 cm dgn ketinggian air 80 cm. Air kondisikan alami seperti di rawa/sungai, perbanyak tanaman air. Beri tanam-tanaman air juga bagus, semisal teratai, ganggang air, kangkung, dsb.
sampai satu minggu jgn dulu kasih pakan (biarkan lele makan pakan alami tadi)

Berikutnya, tinggal beli benih ikan lele, dengan ukuran sebesar ibu jari orang dewasa, harganya sekitar 100-150 rupiah per ekor. (terkadang kalo beli bibit ada minimal order)

Coba isi kolam tadi dengan 300-400 ekor benih ikan lele.
Sebelum benih ditebarkan sebaiknya benih disuci hamakan dulu dengan merendamnya didalam larutan KM5N04 (Kalium permanganat) atau PK dengan dosis 35 gram/M2 selama 24 jam atau formalin dengan dosis 25 mg/l selama 5-10 menit. Penebaran benih sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari atau pada saat udara tidak panas. Sebelum ditebarkan ke kolam, benih diaklimatisasi dulu (perlakuan penyesuaian suhu) dengan cara memasukan air kolam sedikit demi sedikit ke dalam wadah pengangkut benih. Benih yang sudah teraklimatisasi akan dengan sendirinya keluar dari kantong (wadah) angkut benih menuju lingkungan yang baru yaitu kolam.

PAKAN
------
berikan pakan dua kali dalam sehari. Pakannya adalah pelet dan menu tambahan cacahan jeroan ayam. Menu tambahan ini ikan bisa cepat besar. Menu tambahan ini juga meningkatkan pertumbuhan lele. “Kalau biasanya sekilo ada tujuh ekor, setelah diberi pakan tambahan sekilo cuma enam ekor,”

Kalau ada sisa nasi makan malam/siang, masukkan saja ke kolam, biar nambah-nambah zat makanan.

atau bisa juga pakan utama menggunakan pakan pabrik dgn kandungan protein >32% dan dpt diberi pakan tambahan berupa limbah peternakan ayam spt bangkai ayam,usus,telur yg gagal tetas dng terlebih dahulu dibakar/direbus. atau dengan jeroan ikan,atau ikan-ikan buangan(dipasar bnyk koq).

--tidak wajib-- Untuk tambahan Pakannya sediakan seperti dibawah ini;
1. Ampas tahu
2. Katul (dedek halus) dari padi
3. Ikan Asin BS(dihaluskan)lbh bgs di rebus
dgn perbandingan 10:5:1 jd setiap 10 kg ampas tahu,+5kg katul,+ 1kg ikan asin bs aduk jd satu, berikan sesuai kebutuhan.

Kalau di awal-awal menabur benih, sebagian ikan mati, jangan panik, ambil saja, buang.
1 minggu mungkin sekitar 20-30 ekor.
3-4 hari berikutnya ikan akan bertahan hidup normal koq. Nah, tinggal menunggu sekitar 3 bulan, ikan sudah cukup besar untuk bisa dipanen, dijual dengan harga sekitar 1000 rupiah per ekor. (asumsi sekilo Rp.7000, biasanya ada 7 ekor lele)

Bibit lele biasanya dibeli dari pasar atau peternak lele (yang memproduksi benih).
hati-hati dengan bibit yang kuntet (kaga bisa gede)

atau kalau kita sendiri punya lahan sangat luas, bisa membeli 3-4 pasang induk yang siap bertelur (harga mungkin sekitar 100 ribu per pasang), sekali bertelur jumlahnya bisa mencapai ratusan ribu tuh, kalau cara merawatnya berhasil banyak yang berhasil hidup dan tumbuh besar, mungkin butuh kolam ukuran 3x4 m sebanyak 3-4 buah kolam untuk menampung telur.

soal pemasaran, bisa di lingkungan kita sendiri, tawarkan ke pengumpul benih, atau yang sudah besar tawarkan ke warung-warung makan lele atau jual ke pasar, ke tukang sayur keliling, pemancingan2 ikan lele, dll harganya mungkin +/- Rp. 7000/kg
Pokoknya jangan jual lele pada bulan-bulan yang tidak ada huruf ‘r’-nya (mei, juni, juli,agustus ?) Mengapa? Pada bulan-bulan itu banyak petani lele mengobral lelenya dengan harga murah karena mereka butuh biaya sekolah anak-anaknya
Bikin saja tulisan di depan rumah "JUAL IKAN LELE KONSUMSI, SEGAR, GURIH"
Kalau tanah cukup luas, berarti bisa bikin 2-3 kolam lagi yang serupa.

Harga jual lele mencapai puncak paling mahal pada Januari. Pada bulan Januari pasokan lele berkurang karena pembibitan lele banyak yang gagal. Banyak telur gagal menetas lantaran pengaruh musim hujan. Berdasarkan pengalaman Vian, air hujan bisa menurunkan derajat keasaman (pH) air kolam.

Sebenarnya budi daya lele tidak terlalu direpotkan dengan masalah air. Daya tahan lele sangat tinggi. “Asalkan air selalu penuh dan cukup pakan,” kata semua pakar lele,

lebih jauh lagi kalo mau tahu Syarat Teknis-nya...

1) Budidaya lele dapat dilakukan di areal dengan ketinggian 1 m - 800 m dpl
2)Suhu air yang ideal untuk pertumbuhan ikan lele berkisar antara 22-32°C. Suhu air akan mempengaruhi laju pertumbuhan, laju metabolisme ikan dan napsu makan ikan serta kelarutan oksigen dalam air.
3)pH air yang ideal berkisar antara 6 - 9.
4)Oksigen terlarut di dalam air harus > 1 mg/l.

Satu bulan setelah bibit dilepas, kolam dijarangkan, lele disortir lele yang besar-besar sebesar batu baterai. Sekitar empat kwintal lele sebesar batu baterai itu dipindahkan ke kolam lain. Tujuannya supaya dalam satu kolam ukuran ikan lele seragam. Kalau tidak seragam lele yang kecil dimakan lele yang lebih besar. sortir secara kontinue (2 atau 3minggu sekali) untuk memisahkan ukuran yang besar dan yang kecil untuk mencegah kanibalisme dan kerugian panen.

tehniknya: mungkin perlu punya lebih dari satu kolam, atau ada yang disekat dengan jaring.


Seandainya pakan tidak dikombinasi dengan jeroan ayam, satu periode panen memerlukan 30 karung pelet. Jika ditambah jeroan ayam sebanyak 50 kg dalam satu periode pemeliharaan, pelet bisa dikurangi separuhnya.

Selain itu, masa panen (ukuran konsumsi) lele relatif lebih cepat daripada ikan konsumsi lainnya. “Kalau gurami baru bisa dipanen sekitar delapan bulan. Lele sekitar 50 hari,” kata seorang peternak lele.

Selamat mencoba!
kalau stress, coba ambil pakan ikan, malam-malam menjelang maghrib, taburkan ke atas kolam, lihat betapa asyiknya melihat ikan-ikan berlomba memangsa makanan
sumber : www.akupercaya.com

73 komentar:

hill mengatakan...

info ikan lelenya menarik sekali kawan :)

Bapaknya Izza mengatakan...

terimakasih gan, kalau punya lahan kosong, kita bisa mulai beternak lele, mudah kok dan untung banyak

march mengatakan...

mantap,
bagus,
ok..tuh buat bisnis baru

CD cara budidaya lele mengatakan...

saya jual cd cara budidaya lele yang benar. dari proses pemilihan bibit sampai panen sehingga menghasilkan uang melimpah ketika panen tiba. jika berminat silahkan hub.saya di 081911857815 atau email rozi679@gmail.com. tersedia juga CD budidaya di bid.
peternakan, pertanian, perkebunan, dan perikanan. download katalog CDnya di http://tinyurl.com/katalogCD

kipo mengatakan...

makasi y pak atas tulisannya kebetulan saya mau usaha,tapi modal cekak...well,setelah baca tulisan bapak saya jadi smangat ne....semoga TUHAN slalu memberi berkah kepada anda...

Angrian mengatakan...

Pak kira kira ada CD Tutorial nya Nggak ?
Kalau iya mohon kirimkan Alamatnya ke Emaiku :Agusfitrianto75@yahoo.coid

herlin mengatakan...

makasih buat infonya........

harun mengatakan...

thanks onfox. .
q jadi tertarik mw coba ternak lele. . .
GBU. . ! ! !

Johan mengatakan...

Darimana saya bisa Mendapatkan benih lele saya di kota Klaten

Sukamto mengatakan...

Oke banget deh, saya akan mencoba, trims atas infonya.

Herdo mengatakan...

herdo : ok bget artikelx jd niat buka usaha lele ne...

Ismail Pratama mengatakan...

bgus juga bwat dicba gan

Anonim mengatakan...

tergoda utk mencoba niy

joki mengatakan...

apa segampang itu yah tpi apa salahnya tuk mencoba ok

andri mengatakan...

mksh infonya kwand...
aq skr ternak lele tapi aq taruh d tandon air.
n sering kena hujan, mnrut kwand gmn?

Lita Susilo mengatakan...

Mau info dong, ada yg sudah jalan peternakan lele nya, mau liat dong... mau belajar lebih jelas, terimakasih ya

sigit mengatakan...

saya mau nanya dimana saya dapat bibit lele di kota klaten..dan dimana saya bisa jual hasil ternak makasih gan...tolong kalau ada informasinya
bisa kirim ke email saya : sigitkaka_si@ymail.com

linda mengatakan...

trimakasih ats ptunjukx,,
ini snangat membantu saya dalam berwirausaha,,
trimakasih banyak.

Anonim mengatakan...

keren, kita juga mau coba kayaknya tuh, cuman gmana pemasarannya kalo udah siap panen yaa?

Anonim mengatakan...

yang dak punya lahan boleh numpang tempat saya, gratis tis tis,. Syahril Belitung

winasih mengatakan...

jangan menyerah,,kalau belum berhasil...coba coba dan coba terus smpai berhasil....

Anonim mengatakan...

Oooooh cuma Blog aja toh , brarti belom bisa dipertanggung jawabkan.

Mufid_Lele Mania mengatakan...

tOP lheP...Juoz

Anonim mengatakan...

wah tambahan ilmu baru nieh....
thanks pak,mau coba beralih usaha.....

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah...saya izin ctrl+d ya.

Semoga lele kami bisa memuaskan kami.

Waboy mengatakan...

Alhamdulillah...saya izin ctrl+d ya.

Semoga lele kami bisa memuaskan kami.

yustin mengatakan...

panduan beternak lele lengkap...
http://missgubrak.blogspot.com/2011/05/cara-beternak-ikan-lele-cara-memelihara.html

Andry mengatakan...

Numpang tanya pak kalo untuk daerah ciledug pas ga ya buat ternak lele?

Anonim mengatakan...

klo mau beli benih lele yg murah dan ga mengecewakan dmn ya pak ?
sy tinggal d'jakarta timur daerah pasar rebo !
trim's

Anonim mengatakan...

thx bgt bwt info'y, aku bru mau trjun k dunia lele, skrg aku pnya smangat bwt hidup bersama lele, he....
semangat, Ciayooooo...
di mana ada kemauan di situ ada jalan......

Anonim mengatakan...

joko: matur nuwun

one mengatakan...

persentase keberhasilan berternak lele brp persen???sy bru mw mulai usaha,,mohon doa nya,,,

one mengatakan...

saran anda sngt berguna buat smua org yg melihatnya trima ksh,,,,

Anonim mengatakan...

saya jual bibit lele ukuran apa saja harga bsa nego kok,, hub. 085331230239

Anonim mengatakan...

wahhhh.....menarikk dech, pengen ternak lele nich...

Diana Sesarin mengatakan...

saya pernah mencoba piara 50 lele tapi kok pada saling membunuh ya. akhirnya tinggal tersisa 10 yang lain mati.

Anonim mengatakan...

mantap ikutan ah... semoga bisa jadi peternak lele terbesar dan terbaik aminnnnnn

Anonim mengatakan...

saya mau bisnis ini namun tdk ada lahan nya.. apakah ada yang mau diajak bekerja sama ??

superhygum mengatakan...

numpang sharing pak..... lapak jualan tutorial n bisa request.. superhygum.co.cc

superhygum mengatakan...

http://superhygum.co.cc/ lapak super dagang thanks

Ingin Bisnis mengatakan...

Ternak lele memang tiada matinya untuk bisnis :)

H. Musleh mengatakan...

mas.. saya berminat dengan tutorial lengkap cd ternak ayam potong dan cd ternak lele. bagimana saya bisa mendapatkan kedua tutorial tersebut? musleh3@gmail.com

Muhammad Sholahuddin mengatakan...

setelah baca artikel ini, q kok jadi kepengin mencobanya ya...... siapa tau peruntunganku juga ada disini.... Amin

Anonim mengatakan...

thanks buat infonya ya, sukses selalu :)

kupret mengatakan...

preeeeeeeeeeeeeeeeeeeettttttttt

santoso mengatakan...

makasih atas info.y... bisa buat bisnis baru nich,,

Anonim mengatakan...

good

Anonim mengatakan...

mohon doa restu,,, setelah masuk universitas agustus bulan depan aku mau langsung terjun ke ternak lele.

Anonim mengatakan...

kalau bisa ada yg ngasih foto ternak yg sudah jadi tuh bisa ditampilkan biar lebih tertarik lagi untuk mencobanya

CaraBisnisPulsa mengatakan...


Ok gan info yang sangat bagus buat ane, yang jelas manfaat banget.Thanks
Oh ya sekalian numpang link ni gan...mohon jangan dihapus ya gan...

Ini Link-nya :

Bisnis Pulsa Murah
Harga Pulsa Murah
Dealer Pulsa Murah
Agen Pulsa Murah
Cara bisnis Pulsa
Cara menjadi agen pulsa
tips bisnis pulsa
Distributor Pulsa Murah
Pulsa elektrik Murah
Pulsa All Operator Murah
Usaha Jual Pulsa
Bisnis Sampingan
Memulai usaha Jual Pulsa
Cara Jual Pulsa
Cara Berbisnis Pulsa
Dealer Pulsa Elektronik Murah
Agen Pulsa termurah
Dealer Pulsa Paling Murah
Cara Menjual Pulsa

ora tedas bacok mengatakan...


Saya mempunyai satu kolam berlantai semen dan berdinding batu bata

ukuran kolam saya 6x17 meter
yang mau saya tanyakan berapa ekor ikan lele yang di tebarkan?
Thank

trisno mengatakan...

gan ,bisakah ikan ele dikawin silangkan ama ikan jenis alin nya?

koi sragen mengatakan...

berguna banget mas bro. btw ini sekedar share. www.skc.sragenonline.com http://koisragen.indonetwork.co.id/2114293/koi.html tentang koi. makasih

koi sragen mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Laki laki Sejati mengatakan...

Terimakasih infonya ya :)

abhe153 mengatakan...

so nice....

Laki laki Sejati mengatakan...

perlu saya coba nih

la backpack mengatakan...

nice...

laptop makassar mengatakan...

informasi ini sangat berguna, terimakasih sudah berbagi

popular mengatakan...

Terimakasih infonya

surya mengatakan...

kl mau ternak lele sebaiknya jgn beli bibit dipedagang,saya anjurkan belinya dipembibitan aja,,,,,,

surya mengatakan...


1 pasang indukan bobot 1kl bisa menghasilkan -+50,000 ekor benih
,15,000 kualitas super, 20,000 kualitas bagus,,,,,,,
sisanya adalah bibit afkir/bibit kuntet
.jadi para peternak akan menjual bibit sisa/afkir ke pedagang
dan kualitas; super dan bagus akan dibesarkan sendiri oleh peternak

Anonim mengatakan...

Preeet.....!
ternak lele gak segampang itu bro!
coba buktiin dengan teori yang ditulis diatas, saya jamin air kolam jadi bau, lele banyak yang mati, hasil panen gak seragam, jumlah panen gak sesuai target...!

Muh Akbar mengatakan...

Wah, membangkitkan semangat beternak lele nih, Info yang sangat menarik :)

Masterbet88 Grand Opening Promo Bonus 50% Sportsbook dan Casino Online mengatakan...

Bagus juga ya

Cerita Dewasa mengatakan...

Terimakasih infonya, mantap... :)

Cerita Dewasa mengatakan...

mantap banget infonya bang

Yati Nurhayati mengatakan...

pak saya minta izin mau copast fotonya ya, untuk buku, nanti saya sertakan sumbernya.

Anonim mengatakan...

tulisan pada artikel ini adaLah banyak ketidak jelasan nya...
Tulisan pada artikel ini ane bisa jamin,,itu semua hanya teori (sang penulis tidak ada pengalaman langsung mengenai lele...

Anonim mengatakan...

Membutuhkan lele konsumsi dengan ukuran 7-8/kg (hanya ukuran itu yg akan kami terima,,di luar itukami tidak menerima)...
bagi yg ingin menjual hasil panen nya ke kami silahkan menghubungi nmr kami di 089601017704...di utamakan yg berdomisili di tangerang selatan,,bagi yg bertempat tinggal jauh dengan kami,silahkan saja bila ingin mengirim hasil panen nya..berapapun stock nya akan kami angkut.trims

Fajar Foldism mengatakan...

saya akan coba sampai berhasil

Dodi Ardiansyah mengatakan...

Sipp...deh nanti kalau ada lahan saya akan mencoba ....

Peluangusahadunia.blogspot.com mengatakan...

mantab infonya

Poskan Komentar