Tips Efektif Berhenti Merokok (2)



Anda punya niat untuk berhenti merokok? Bagus...



Seperti yang telah saya tulis dalam artikel sebelumnya bahwa memiliki niat untuk berhenti merokok merupakan tindakan positif yang akan memberikan perbedaan dalam hidup Anda. Namun Anda perlu mengerti, niat saja belum cukup. Menurut penelitian 70-80% perokok mempunyai keinginan untuk berhenti, namun banyak dari mereka yang menyerah meski telah mencoba 3-4 kali.
Saya tidak perlu lagi membahas mengenai bahaya merokok. Banyak sudah artikel yang membahas bahaya merokok dengan baik. Namun saya yakin- karena saya sendiri juga eks perokok dengan jam terbang lebih dari 15 tahun- bahwa bahaya merokok bukanlah suatu hal yang membuat gentar para perokok. Semua perokok sadar bahaya merokok, hingga kadang timbul dalam pikiran saya bahwa mungkin saja perokok adalah orang yang tidak mencintai dirinya sendiri. Coba tanyakan hal itu pada diri Anda sendiri...Bila jawabannya adalah "ya" cobalah untuk beristirahat, stop segala kegiatan, lalu tenangkan diri Anda, sekali lagi tanyakan dalam diri Anda, apakah Anda mencintai diri Anda sendiri?...... Saya yakin Anda menipu diri sendiri bila Anda tetap menjawab "ya". Anda mencintai diri sendiri, mengetahui bahaya merokok bagi diri sendiri dan tetap merokok adalah sebuah paradoks, illogikal, dan sudah saatnya Anda untuk merubah jawabannya. Seorang perokok adalah manusia yang tidak mencintai dirinya sendiri. Ini harus disadari dulu oleh Anda. Terimalah fakta ini.
Apakah dengan menerima pernyataan di atas, kemudian kita bisa langsung berhenti merokok? Apabila bisa, bersyukurlah anda telah terbebas, Anda adalah salah satu orang dari sedikit orang yang mempunyai tingkat keseimbangan otak kiri dan kanan yang baik.
Saya akan melanjutkan pembicaraan mengenai tips efektif berhenti merokok kepada Anda yang belum dapat menghilangkannya :

1. Rencanakan hari untuk memulai berhenti merokok.

Jangan terlalu lama, nanti Anda lupa :) Rencanakan 2-3 hari sebelumnya. Bila Anda punya niat berhenti merokok sekarang, maka buat rencana untuk berhenti esok lusa. Penjelasannya adalah : kita memberi persiapan secara mental dengan memberi syarat kepada alam bawah sadar bahwa kita punya rencana untuk menghentikan kebiasaan merokok. Keputusan mendadak membuat diri kita shock dan tidak siap menerima keadaan keadaan. Tubuh kita akan protes keras bila subsidi nikotin langsung dihentikan (emang minyak tanah, pak?) .

2. Jangan sungkan-sungkan untuk membeli dan menghabiskan rokok Anda sebelum hari H.Beli saja rokok, bila Anda ingin membelinya. Katakan dalam hati bahwa 1 atau 2 hari lagi Anda akan berhenti merokok, sebelum waktunya datang Anda akan menikmati hari-hari terakhir Anda dengan rokok. Habiskan semua rokok yang tersisa, jangan ada yang dibuang percuma.

3. Tidak perlu membuang apa yang berhubungan dengan aktivitas merokok, simpan saja.

Terserah Anda, mau dibuang atau di simpan sebagai kenangan. Tidak usah paranoid. Asal jangan menyimpan rokok setelah hari H.
4. Hari H, It's time to act!

Niatkan kepada diri sendiri untuk berhenti merokok, sangat perlu dikatakan kepada orang-orang di sekitar Anda, bahwa Anda mulai berhenti merokok. Hal tersebut menjadi perkuatan bagi Anda, karena tentunya Anda tidak akan mau dicap "NATO" (No Action Talking Only) nantinya. Satu hal yang bisa menjadi penguat terbaik untuk meneguhkan niat adalah (hal ini ekstrim, namun sangat efektif) meniatkan diri dan bersumpah kepada Tuhan, bahwa Anda berhenti merokok, apabila Anda melanggar, maka Anda akan menghadapi sesuatu yang Anda takutkan terjadi pada diri Anda. Saya tekankan bahwa hal ini sangat efektif namun saya sarankan - langkah bersumpah kepada Tuhan- hanya untuk Anda yang telah mencoba berkali-kali dan tidak berhasil.

Hari ini, hari yang berat. Saya memahami benar kesulitan Anda, saya pernah dalam posisi seperti ini. Setiap kerongkongan terasa menebal, mulut terasa masam, maka cobalah untuk menghentikan semua aktivitas sebentar. Pejamkan sebentar dan pusatkan pada kerongkongan dan mulut. Tanya pada diri sendiri, apakah sebenarnya yang dirasakan, benar-benar kerongkongan menebal dan mulut terasa masam atau hanya perasaan aneh yang sebenarnya bukanlah sesuatu hal yang buruk, hanya sekedar aneh. (bersambung) dah jam 2 malem nih...


0 komentar:

Posting Komentar